Tuesday, August 14, 2012

Wisata Sukoharjo

Posting berjudul wisata Sukoharjo merupakan posting lanjutan di label wisata jawa tengah setelah posting sebelumnya yaitu Wisata Sragen. Sebelum ke topik utama yaitu daftar tempat wisata di Sukoharjo atau tempat berlibur di Sukoharjo,saya akan mencoba untuk sedikit mengulas seputar kabupaten yang berada di Jawa Tengah ini.

Sukoharjo merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah,Indonesia. Seperti dikutip situs wikipedia, pusat pemerintahan kabupaten ini terletak di Kecamatan Sukoharjo, yakni sekitar 10 km sebelah selatan Kota Surakarta. Disebelah utara,Sukoharjo berbatasan dengan Kota Surakarta, dan disebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar, juga disebelah baratnya berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri dan di selatan bertasan dengan Kabupaten Gunung Kidul, serta disebelah baratnya berbatasan dengan Kabupaten Klaten.

Berikut dibawah ini adalah beberapa tempat wisata di Sukoharjo atau tempat rekreasi yang mungkin belum anda singgahi bersama keluarga.

Pesanggrahan Langenharjo 

Wisata Pesanggrahan Langenharjo ini letaknya berada di Desa Langenharjo, Kec. Grogol, 6 km dari Kota Solo, merupakan peninggalan Kraton Surakarta, dibangun oleh Pakubuwono X, dengan pemandian air panas.

Pandawa Water World 

Wisata Pandawa Water World berada di Kawasan Solo Baru, 1 km dari Kota Solodengan kolam renang, surving boogie, lazy river, Bungy Tower dan lain-lain.

Batu Seribu 

Wisata Batu Seribu ini terletak di Desa Gentan, Bulu, 20 km dari Kota Sukoharjo. Melewati Sendang Lele, 2,5 km kemudian masuk terowongan untuk melihat genangan air di bawah Pohon Gondang.

Waduk Mulur 

Wisata Waduk Mulur berada di Dusun Kenep, Desa Combongan, Kecamatan Bendosari, ada karamba ikan nila, warung makan lesehan, sebaiknya dikunjungi pagi atau sore hari.

Makam Balakan
Wisata Makam Balakan keberadaannya bisa anda temukan di Desa Balakan (Mertan), Kec. Bendasari, merupakan makam keturunan Raja Brawijaya yang dikeramatkan masyarakat setempat.

Grogol Indah
Wisata Grogol Indah ini berada di Desa Telukan dan Pondok, Kecamatan Grogol, merupakan wisata tirta dengan lomba balap getek dan tangkap itik, bebek air, perahu dayung dan motor, dan lain-lain.

Situs Kraton Kartosuro
Wisata Situs Kraton Kartosuro ini berada di Desa Kartosuro, Kartosuro, 25 km dari Kota Sukoharjo, dengan beteng, alun-alun, tembok berlubang akibat geger Pacinan, Sumur Madusaka, Makam Bray, Masjid Sedah Mirah, dan lain-lain.

Makam Taruwongso
Wisata Makam Taruwongso terletak di Kecamatan Tawangsari, merupakan makam yang dikeramatkan di puncak Gunung Taruwongso dengan pemandangan hamparan sawah perumahan penduduk.

No comments:

Post a Comment