Wednesday, August 22, 2012

Wisata Magelang

Berwisata adalah pilihan yang tepat jika musim liburan tiba.Tak heran jika tempat-tempat wisata yang populer di setiap daerah selalu dibanjiri pengunjung di kala musim liburan tiba.

Adalah jawa tengah yang merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang cukup terkenal dengan bergama objek wisata yang dimilikinya termasuk Kabupaten Magelang yang ternyata memiliki beberapa tempat wisata yang indah dan sayang apabila tidak dikunjungi ketika anda tengah berada di Kabupaten tersebut khusnya dalam rangka liburan bersama keluarga.

Jika anda memiliki renca untuk berwisata ke kota magelang dan anda belum tahu satu persatunya tempat wisata yang cukup terkenal di magelang Jawa Tengah.Daftar wisata magelang dibawah ini mungkin bisa membantu anda.Berikut adalah daftar tempat wisata di magelang.


Borobudur merupakan nama dari sebuah candi Buddha yang berada di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur ini letaknya kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Borobudur dibuat oleh para penganut agama Buddha Mahayana sejak tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra

Candi Mendut

Candi Mendut merupakan sebuah candi berlatar belakang agama Buddha. Candi Mendut letaknya berada di desa Mendut, kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, beberapa kilometer dari candi Borobudur.

Pegunungan Menoreh

Pegunungan Menoreh merupakan sebuah kawasan pegunungan atau bisa disebut juga dengan perbukitan yang membentang di wilayah barat laut Kabupaten Kulon Progo, sebelah timur Kabupaten Purworejo, dan sebagian Kabupaten Magelang; sekaligus menjadi batas alamiah bagi ketiga kabupaten tersebut. Perbukitan ini terbentuk dari karang dan bukan bentuk vulkanik, memanjang mulai dari wilayah Bagelen ke utara hingga mencapai sisi barat Kota Magelang.

Candi Pawon

Candi Pawon merupakan sebuah nama candi.Candi ini lokasinya terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Candi Pyang cukup populer di Magelang ini dipugar tahun 1903. Nama Candi Pawon tidak dapat diketahui secara pasti asal-usulnya. J.G. de Casparis menafsirkan bahwa Pawon berasal dari bahasa Jawa Awu yang berarti abu, mendapat awalan pa dan akhiran an yang menunjukkan suatu tempat.

Ketep Pass

Ketep Pass merupakan sebuah nama sebuah tempat wisata di Ketep, Sawangan, Magelang. Ketep Pass ini adalah Wisata alam yang dikembangkan dengan ciri khas wisata kegunungapian, khususnya Gunung Merapi.Pada tanggal 17 Oktober 2002, Ketep Pass diresmikan sebagai kawasan wisata jalur Solo–Selo–Borobudur (SSB) oleh Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri.


Tempat wisata Magelang yang lainnya :

Museum Sudirman
Objek wisata Museum Sudirman ini terletak di Jl. Ade Irma Suryani No.C-7, di sudut selatan Taman Badaan, yang konon merupakan tempat wafatnya Jenderal Sudirman.

Air Panas Candi Umbul
Objek wisata Air Panas Candi Umbul ini terletak di Dusun Candi Umbul, Desa Kartoharjo, Kec. Grabag, yang merupakan peninggalan dari jaman Dinasti Syailendra.

Candi Ngawen
Objek wisata Candi Ngawen ini terletak di Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, 5 km dari Candi Mendut, candi Buddha yang dibangun Wangsa Syailendra pada abad ke-8.

Candi Pendem
Objek wisata Candi Pendem ini terletak di Desa Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, merupakan candi Hindu, dicapai dengan menyusuri persawahan, dan berada 2-3 m di bawah tanah.

Candi Retno
Objek wisata Candi Retno ini terletak di Desa Candi Retno, Kec Secang, merupakan peninggalan Kerajaan Mataram, terbuat dari batu bata dengan keadaan yang kabarnya sudah rusak.

Curug Kedung Kayang
Objek wisata Curug Kedung Kayangini terletak di Desa Wonolelo, Kec. Sawangan, 3 Km dari Gardu Pandang Ketep Pass, dengan latar belakang Gunung Merapi, dengan ketinggian air terjun 40 m.

Curug Sekar Langit
Objek wisataCurug Sekar Langit ini terletak di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, dengan mata air dari puncak Gunung Telomoyo, dengan ketinggian air terjun 30 m.

Candi Selogriyo
Objek wisata Candi Selogriyoini terletak di Dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kec Windusari, di lereng bukit Giyanti, yang bisa ditempuh dengan kendaraan beroda dua sejauh 2 km.

Candi Gunungsari
Objek wisata Candi Gunungsari ini terletak di Desa Gulon, Kecamatan Salam, merupakan candi Hindu Siwa yang letaknya berdekatan dengan Candi Gunung Wukir.

Curug Silawe
Objek wisata Curug Silawe ini terletak di Desa Sutopati, Kec. Kajoran, di lereng Gunung Sumbing, dengan ketinggian air 50 m, dikelilingi oleh hutan pinus.

Curug Sumuran
Objek wisata Curug Sumuran ini terletak di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, 44 km dari Kota Magelang, di lerung Gunung Telomoyo, dengan ketinggian air terjun 35 m, dikelilingi hutan pinus.

Telaga Bleder
Objek wisata Telaga Bleder ini terletak di Desa Ngasinan, Kec. Grabag, di lereng Gunung Andong, dikelilingi oleh pepohonan, dengan wisata air dan panorama alam.

Gardu Pandang Babadan
Objek wisata Gardu Pandang Babadan ini terletak di Babadan, dimana terdapat gardu pandang untuk melihat Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro, juga film dokumenter letusan-letusan Merapi.

Taman Rekreasi Kalibening
Objek wisata Taman Rekreasi Kalibening ini terletak di Dusun Kalibening, Payaman, Secang, dengan kolam renang, Gazebo, kolam ikan, lapangan Tenis, dan lain lain.

Makam Raden Santri
Objek wisata Makam Raden Santriini terletak di Desa Gunungpring, Kec. Muntilan, yang adalah salah satu putra Ki Ageng Pemanahan, keturunan Prabu Brawijaya, saudara sekandung Raden Sutowijoyo.

Makam Sunan Geseng
Objek wisata Makam Sunan Geseng ini terletak di puncak bukit di Desa Tirto, Kecamaan Grabag, yang dipercaya sebagai makam Sunan Geseng, murid Sunan Kalijaga.

Museum Badan Pemeriksa Keuangan
Objek wisataMuseum Badan Pemeriksa Keuangan ini terletak di dalam kompleks rumah Residen Kedu, di jalan Diponegoro No 1, Magelang, diresmikan pada 4 Desember 1997.

Museum Bumiputera 1912
Objek wisataMuseum Bumiputera 1912 ini terletak di Jalan Jenderal A. Yani No. 21, Magelang, dengan koleksi dokumen lama, foto, dan peralatan kantor, dan lain lain, diresmikan pada 20 Mei 1985.

Arungjeram Kali Elo
Objek wisata Arungjeram Kali Eloini terletak di Desa Mendut, Desa Blondo, Kec. Mungkid, dan Desa Candirejo, Kec. Borobudur, dengan menggunakan perahu karet berkapasitas 7 orang, panjang lintasan 12 Km.

Candi Canggal (Candi Gunungwukir)
Objek wisata Candi Canggal (Candi Gunungwukir) ini terletak di Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kec Salam, dibangun pada masa Kerajaan Mataram Kuno, ada prasasti Canggal, yoni, lingga dan arca Andini.

Museum Diponegoro
Objek wisata Museum Diponegoro ini terletak di Jl. Diponegoro No.1, Magelang, di sayap kiri Pendopo Karesidenan Kedu, dengan koleksi kursi saat Diponegoro ditangkap Belanda, jubah, senjata, dan lain lain.

Museum Taruna Abdul Jalil
Objek wisataMuseum Taruna Abdul Jalil ini terletak di kompleks pendidikan Akademi Militer seluas 980 m2, 1 km dari pusat Kota Magelang, dengan koleksi senjata dan peralatan pendidikan militer sejak AMN.

Museum Senirupa Haji Widayat
Objek wisataMuseum Senirupa Haji Widayatini terletak di Jl. Letnan Tukiyat 32, Kota Mungkid, dengan galeri, art shop dan area taman, diresmikan pada 30 April 1994.


Itulah beberpa daftar tempat berlibur atau objek wisata di Magelang yang saya ketahui.Jika anda yang membaca halaman ini adalah anda yang lebih tahu tempat tempat rekreasi di magelang,Silahkan manda tambahkan saja melalui komentar di bawah.

No comments:

Post a Comment