Tuesday, May 29, 2012

Wisata Kebumen

Kabupaten Kebumen merupakan sebuah kabupaten di yang berada di Provinsi Jawa Tengah,indonesia. Dimana Ibukotanya adalah Kebumen.

Konon nama kota ini berasal dari kabumian yang berarti sebagai tempat tinggal Kyai Bumi setelah dijadikan daerah pelarian Pangeran Bumidirja atau Pangeran Mangkubumi dari Mataram pada 26 Juni 1677, ketika berkuasanya Sunan Amangkurat I. Sebelumnya, daerah ini sempat tercatat dalam peta sejarah nasional sebagai salah satu tonggak patriotik dalam penyerbuan prajurit Mataram di zaman Sultan Agung ke benteng pertahanan Belanda di Batavia. Saat itu Kebumen masih bernama Panjer.

Kota Kebumen secara terletak pada 7°27' - 7°50' Lintang Selatan dan 109°22' - 109°50' Bujur Timur. Bagian selatan Kabupaten Kebumen merupakan dataran rendah, sedangkan pada bagian utara berupa pegunungan, yang merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Serayu. Di selatan daerah Gombong, terdapat rangkaian pegunungan kapur, yang membujur hingga pantai selatan. Daerah ini terdapat sejumlah gua dengan stalagtit dan stalagmit.

Berikut dibawah ini adalah beberapa daftar tempat wisata yang ada di Kebumen Jawa Tengah.

Waduk Wadaslintang

Waduk Wadaslintang, memiliki fungsi utama sebagai pembangkit listrik tenaga air. Sedangkan fungsi lain yakni sebagai karamba (tempat pembudidayaan ikan) yang dikelola oleh warga sekitar dan berfungsi sebagai kawasan wisata.

Waduk ini juga dikelilingi beberapa bukit yang menjulang tinggi. Wajar bila tempat ini memiliki udara yang sejuk imbas dari kesejukan udara bukit-bukit itu yang berhembus ke bawah. Selain sejuk, bukit-bukit itu juga melengkapi keindahan panorama danau buatan tersebut.


Waduk Serbaguna Sempor 

Objek wisata cantik berhawa sejuk dengan pesona alam memikat. Cocok untuk tempat berlibur dan bersantai bersama keluarga.Kabupaten yang memiliki pantai tak mungkin menghindar dari terpaan suhu panas yang kadang menimbulkan rasa gerah. Kalau sudah begini, ke mana kaki melangkah untuk mendapatkan udara sejuk? Bagi Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, hal ini tidaklah menjadi masalah. Banyak tempat yang dapat dituju. Salah satunya adalah Objek Wisata Waduk Sempor yang terletak 10 kilometer arah utara Gombong, atau sekitar 32 kilometer arah barat Kebumen. Selain menyediakan air untuk irigasi persawahan,Waduk Serbaguna Sempor ini juga untuk menggerakkan turbin PLTA dan PDAM. Sebagai objek wisata, Waduk Sempor dilengkapi berbagai fasilitas. Untuk rekreasi air misalnya, ada speedboat, slowboat, bebek dayung serta perahu dayung. Selain itu, wisatawan dapat memilih acara lain, seperti jalan-jalan di seputar waduk sambil menikmati panorama indah dan udara sejuk menyegarkan.

PEMANDIAN AIR PANAS KRAKAL

Obyek Wisata di Kabupaten Kebumen, cukup banyak aneka ragamnya. Ada Obwis (obyek wisata) Pantai atau laut, gua, Wadhuk atau bendungan, Wisata Kebumian dan yang terakhir adalah Obwis Pemandian Air Panas Krakal. Obwis ini bisa dikatakan sebagai Wisata Medis, karena orang yang datang ke tempat tersebut adalah untuk berobat. Penyakit yang bisa diobati di sini memang khusus, yakni penyakit kulit. Tetapi, kenapa harus mengobati penyakit kulit saja kok harus di PAP (Pemandian Air Panas), ada baiknya kalau menyimak sedikit legenda yang terjadi di Obwis tersebut.Menurut cerita orang tua, sekalipun bukan cerita baku, tetapi di tempat tersebut pernah ada suatu keajaiban. Konon, ada seorang dari keluarga Kerajaan dari Kartosuro, namun siapa nama yang menderita penyakit kulit. Sudah banyak tabib dan orang pintar lain yang dimintai tolong, tetapi semuanya tak bisa menyembuhkan.

Pantai Petanahan

Pantai petanahan ramai saat lebaran atau liburan tiba, masuk kawasan ini juga kita di minta untuk membayar tapi bukan membeli karcis/tiket tidak seperti tempat wisata lainnya kalau tidak salah sebesar Rp. 6.000/orang, kita hanya di beri tiket parkir saja seharga Rp. 2.000. Ya entah bagaimana urusannya dengan manajemen pemerintah, apakah masuk kas pemda atau masuk kas pribadi, dan apakah ada asuransi yang biasanya dituliskan disetiap tiket. Ombak di pantai ini cukup besar, pantainya lumayan indah. Tapi sungguh ironis jika sampah merusak keindahannya dan juga tak adanya petufas penyelamat pantai di sini. Bagaimana jika ada pengunjung yang nekat berenang ya, sedangkan ombaknya sangat besar.

Pantai Karangbolong


Pantai Karangbolong Kebumen tepatnya masuk wilayah Kabupaten Kebumen Kecamatan Buayan. Memang pantainya masih alami, Pantai Karangbolong terletak lebih kurang 18 km arah selatan dari kota Gombong atau 39 km arah barat daya dari kota Kebumen. Pantainya merupakan pantai landai berpasir yang cukup luas, dibatasi oleh perbukitan yang disusun oleh batuan sedimen klastik asal gunung api. Pasirnya berwarna kelabu yang berukuran halus-kasar bersumber dari batuan-batuan tersebut. Sapuan ombak besar yang membentur dinding perbukitan menghasilkan energi yang cukup untuk mengikis, mengangkut, dan mengendapkan kembali butiran-butiran batuan. Derajat pelapukan yang tinggi di kawasan ini mempercepat proses abrasi. Singkapan breksi lahar yang berada di pinggir pantai mengalami pengikisan, menghasilkan bentukan abrasi yang lucu.

Lainnya
  1. Pantai Tanjung Bata dan Pantai Menganti
  2. Pantai Logending Kebumen
  3. Masjid Saka Tunggal Kebumen
  4. Kelenteng Kong Hwie Kiong Kebumen
  5. Gua Petruk Kebumen
  6. Gua Jatijajar Kebumen
  7. Benteng Van Der Wijck Kebumen
  8. Arung Jeram Padegolan Kebumen

No comments:

Post a Comment

Post a Comment